Home » , , , , » Cara JNE Tracking dan Cek Resi JNE online

Cara JNE Tracking dan Cek Resi JNE online

Cek Pengiriman JNE itu cara tracking nya sangat mudah. Cukup dengan bermodalkan koneksi internet alias online, kita bisa mengetahui dimana posisi barang kiriman kita sekarang berada. Begitulah yang saya alami ketika menunggu HP pesanan dari luar kota beberapa bulan yang lalu. Yah namanya juga pengalaman pertama, plus karena nilai materinya juga lumayan bagi orang seperti saya, jelas saja membuat susah tidur karena menunggu kedatangannya. Tapi dengan adanya fasilitas yang disediakan oleh web JNE ini, yah paling tidak bisa sedikit meredakan kekhawatiran saya mengenai status pengirimannya. Sobat yang sedang membaca artikel inipun, mungkin sedang khawatir sehingga mencari tau bagaimana cara untuk men tracking bedasarkan nomor resi yang diberikan penjual.
cara tracking jne
Ok, yang jelas sobat udah punya nomor resi atau kalau di JNE disebut JNE Airwaybill. Kalau belum, ya minta ke penjualnya ya. Trus sekarang buka web jne ( jne.co.id ). Sekarang kita coba cek pengiriman JNE berdasar resi punya saya. Dihalaman utama web tersebut ada kolom dengan judul “TRACE & TRACKING”. Nah, masukan nomornya dikolom itu dan klik “search”. Begitu tombol “search” diklik, akan muncul kolom baru untuk verifikasi bahwa kita bukan robot. Jadi silahkan saja masukkan kode/angka/huruf tersebut dikolom yang tersedia dan klik “search” lagi. Akan terbuka halaman baru yang menunjukkan status terkini kiriman barang kita. Kalau tulisan di kolom “status” masih tertulis “ON PROCESS”, artinya status kiriman kita masih dalam perjalanan.
cek pengiriman jne
Sekarang coba klik nomor resi kita yang ada dikolom “No. AWB”. Sobat akan melihat rincian histori pengiriman barang kita, mulai dari kota/kabupaten asal pengirim hingga status dimana barang kita sekarang berada. Yang perlu diketahui, pada bagian shipment status terdapat tiga baris status yang perlu diketahui. Ketiga status ini akan muncul bila barang memang sudah sampai di rumah/kantor kita. Ketiga status itu adalah Outbound, Delivery Time, dan POD detail. Saya ngga tau pastinya mengenai status tersebut. Tapi kalau mengingat pengalaman, maka outbound itu saya anggap waktu pengiriman berdasarkan barang sampai dibandara kota mana. Kemudian Delivery Time itu adalah status bahwa barang sudah ada di kantor JNE setempat kita berada. Terakhir, status POD detail adalah mengenai status bahwa barang sudah diterima di kantor/rumah kita dan siapa nama penerimanya.
Tip melakukan pengiriman dgn JNE:
  1. Selain nama lengkap anda, tulislah nama panggilan anda yg dikelan tetangga
  2. Pastikan alamat lengkap telah tertulis dgn benar
  3. Tulis keterangan tambahan mengenai lokasi alamat anda. Contoh: didepan gedung x, sebelah kiri kantor x, berpagar warna x, dll
  4. Jika di alamatkan ke kantor, tulis pula bagian; divisi; atau jabatan anda.
  5. Tulis pula nomor Telpon / HP dgn benar, dan jg masih aktif.
Lama pengiriman JNE:
  • JNE paket REG = 2 sampai dgn 8 hari kerja sejak paket dikirim, hal ini tergantung dgn kota tujuannya. Cth: Dari Jakarta=> ke Jakarta sekitar 1 sampai 2 hari kerja saja; sdg ke irian sekitar 7-8 hari kerja.
  • JNE Paket YES = hanya perlu 1 s/d 2 hari kerja saja dari tanggal kirim hingga sampai alamat tujuan.
Masalah-masalah yang sering terjadi:
  • Tertulis “data not found” atau “data tidak ditemukan” => ini biasanya karena kesalahan memasukkan nomor resi. Pastikan nomor resi sudah benar. Ingat tidak ada spasi diantara nomor resi tersebut. Silahkan cek contoh no resi diatas, atas di komentar-komentar tulisan ini. Namun bila nomor sudah benar tetapi masih menunjukkan hal demikian, kemungkinan data kiriman anda belum dimasukkan pihak JNE ke website mereka. Diperlukan sekitar 12 hingga 24 jam dari waktu pengiriman hingga data tersebut diinput dan bisa kita lihat.
  • Tertulis ‘Criss Cross’, artinya nama & alamat pada nomor pengiriman berbeda dgn yg ada pada paket. Ini terjadi karena kelalaian petugas, sehingga bisa memperlambat kiriman 2-4 hari kerja.
  • Tertulis ‘Mis Route’, artinya paket terkirim ke kota yg salah. Cth: harusnya ke kota surabaya, terkirim ke kota jogja. Keterlambatan bisa 2 s/d 5 hari kerja.
  • Tertulis ‘Redelivery / reschedule’, artinya ketika dikirim alamat belum ditemukan atau ketika dikirim tidak ada orang untuk menerimanya.
  • Tertulis ‘Kemalaman tidak diantar kurir’, ini bisa berarti bahwa paket anda hilang. Segera kontak JNE untuk minta pertanggungjawaban.
  • Tertulis ‘Nama Tidak Dikenal / Unknown consignee’, artinya penerima paket di alamat tujuan tidak mengenal nama yang tertulis di paket.
  • Tertulis ‘Alamat tidak ditemukan / Bad Address’, nah kalo ini artinya petugas JNE bener-bener menyerah karena tidak menemukan alamat tujuan. Jadi langsung ambil aja ke JNE terdekat ya.

17 komentar:

  1. kirman aku dari banjar tujuan makassar belum nyampe smpai skrg katanya 4 hari paling lambat...

    BalasHapus
  2. kiriman saya dari hari jumat belum sampai sekarang mohon di cek nmer resinya posisi barang saya skrg dimana?? bdoc703005824014

    BalasHapus
  3. mas gregorius adi bukannya ane kepo yah, tp ane liat di web barang ente udah dijogja tuuh
    kalau barang gak dianter anter datengin aja mas kepusat , saya juga sering kayak gitu ga diantar antar. posisi saya jg di ngaglik,sleman mas

    BalasHapus
  4. CXPAA00263692914
    Gan neh no resi gw...coba tlg cekin dong brg gua dmn?
    Dah dr tgl28 blm smpe neh

    BalasHapus
  5. agan sulton barang ente udah di sby kok, tapi status POD nya On proses,
    coba mas sulton buka web nya aja >> jne.co.id di isi form trace & trackingnya no resi agan sulton
    noted: ane bukan karyawan JNE -___-

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. mas saya di jaktim terus udah cek barangnya lagi di REG TIMUR itu maksudnya apa ya? itu terakhir 16 april jam 13.23 keteraangannya mohon dibantu

    BalasHapus
  8. Temen teman, saya beli hpkan ya di online.. emanng jne itu lewat bea cukai dulu ya? Padahal barang yang saya beli dari jakarta ke bogor lohmm

    BalasHapus
  9. Barangku sdh ada di mana sekarang bthd90000845214

    BalasHapus
  10. gan kan posisi order ane udah POD detailnya tuh udah delivered yah, nah ko saya belum nerima barangnya yah? kebetulan tadi posisi rumah sedang kosong, biasanya dititipkan ketetangga, namun tadi pas saya tanyakan tetanggga saya juga tidak nerima barangnya, apa yang harus ssaya lakukan selanjutnya?

    BalasHapus
  11. paketku ke makassar yg seharusnya nyampe tanggal 10 kemarin sampai sekarang belum nyampe....di cek d inernet status barang Received On Destination
    di ambil di kantor jene terdekat justru katanya di kantor jene yg lain.padahal di alamat tertulisn kec biringkanaya. ko' spertinya gak tanggung jawab banget sih???
    aku ko' malah di oper kesana kemri... kalo memang barangnya gak bisa di antar aku kan bisa ambil di kantor terdekat....
    trus selanjutnya aku harus gimana????

    BalasHapus
  12. punya saya tertulis di POD nya tutup tapi masih on process,,,maksdnya apakah akan dikirim lagi???klo g kenapa gak ada konfirmasi ya?

    BalasHapus
  13. Bs tlong cek no resi ni gak CGK7F0110025z514
    Cemas . Gak ditemukn truss ..

    BalasHapus
  14. gan punyaku POd detail . tlp no respon itu maksudnya apa gan

    BalasHapus
  15. BDOAB05732082914 msh outbound aja..hadeh

    BalasHapus
  16. Kalo tertulus " SHIPMENT STATUS" itu maksudnya apa??

    BalasHapus